Welcome to Vintage Monochrome

everything about education :)

Budaya Copy Paste


.

Tugas kuliah memang banyak dan menumpuk, baik tugas bikin makalah,presentasi yang dibuyat pake power point, juga membuat sebuah produk untuk pendidikan. Namun, terkadang ketidakberdayaan mahasiswa yang merasa tugas terlalu banyak, materi dosen tidak begitu dimengerti,serta keterbatasan buku yang dimiliki, dan alasan-alasan klasik lainnya membuat mahasiswa mencari cara yang lebih praktis, cepat,dan efisien yaitu meng-copy paste tugas dari INTERNET.

Minimnya pengawasan yang ada di Indonesia ini mengenai Hak Cipta Writer di dunia maya membuat mahasiswa dengan leluasa dan bebas men-download apapun itu yang mereka butuhkan, tidak memungkiri pula saya pun merasakan kepraktisan kegiatan yang mudah ini. Namun, tanpa kita sadari ternyata kegiatan download sana-sini membuat kita tidak mengetahui bagaimana cara membuat sebuah karangan yang ilmiah, membuat kata-kata yang baik dan benar, serta pemahaman terhadap materi matakuliah yang dijadikan tugas pun ternyata sangat kurang.

Dampak yang terjadi adalah Mahasiswa merasa ter-candu-kan oleh kegiatan copy paste ini yang memang membuat kemudahan dalam mengerjakan tugas dengan cepat mengingat deadline tugas yang cepat pula.Sebenarnya dosen mengetahui hal ini, kemampuan mahasiswa dapat terlihat ketika mereka melakukan presentasi terhadap tugas yang dibuat, ataupun pada saat makalah itu dikumpulkan, dilihat dari bahsa, dan tatacara nya. Dosen pula mngerti mana mahasiswa yang copy paste, mana yang tidak. Jadi kalau mahasiswa merasa sudah mengumpulkan makalah itu berarti masalah yang dihadapi selesai, tapi realita yang ada adalah bahwa masalah sebenernya baru muncul.

Masalah itu adalah Pembodohan, dan itu sangat disayangkan mengingat Indonesia memiliki berjuta-juta mahasiswa yang cerdas, tapi sayangnya copy paste telah membuat mereka terlena.
Boleh saja menggunakan Internet hanya sebagai referensi, atau untuk menambah fakta, pendapat dalam sebuah makalah atau tugas, tapi kalau justru hanya copy paste, edit sedikit,dan lalu di print tanpa adanya pengolahan , dan pemikian lebih lanjut itu harus segera dihindari kawan. Indonesia negara yang kaya, tidak dalam artian kaya akan SDA, tapi juga kaya akan Orang-orang Cerdas, maka dari itu budayakan mencoba,dan mencipta .

Your Reply

Followers