Welcome to Vintage Monochrome

everything about education :)

Peran Komputer dalam Pembelajaran


.

Bab Ini merupakan topik yang baru saja didiskusikan kelompok 6 dalam pembelajaran kuliah saya pada hari Selasa tgl 27 April 2010

Komputer sudah digunakan pada masa Perang Dunia KE-II, yang pertama kali digunakan oleh Pasukan Amerika dalam kapalnya untuk melacak lawannya.
Komputer jaman dahulu sangatlah sederhana namun seiring berjalannya waktu semakin kompleks, canggih, dan semakin efektif dan efisien.
Komputer memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, karena :
1. Komputer dapat menjadi objek pembelajaran
2. Komputer dapat menjadi Alat dalam pembelajran
3. Komputer dapat mengasah logical thingking
4. Komputer dapat membantu pembelajaran

Dalam diskusi ini pula dijelaskan mengenai Literasi TIK dan Literasi Komputer, banyak orang menganggap kalau antara keduanya itu sama, namun pada dasarnya adalah keduanya memiliki perbedaan yang sanga signifikan. Literasi TIK itu kemampuan untuk dapat menyaring, mengolah, dan memenej informasi yang ada, dan menggunakan berbagai macam software yang ada di komputer itu sendiri, dengan cara membuat animasi, mengedit sesuatu dalam bentuk audio, visual, ataupun audio visual. Sedangkan Literasi Komputer itu Kemampuan untuk dapat mengoperasikan komputer itu sendiri.

Hubungan Teori belajar dalam komputer pun dibahas dalam diskusi ini, yaitu dalam pengaplikasian Software. Teori Neobehavioristik itu yang paling sering dgunakan dalam software pembelajran.

Dari diskusi yang terjadi diharapkan semua orang sadar akan pentingnya komputer sebagai media untuk mempermudah pembelajaran, dan diharapkan agar pemerataan kemampuan dalam mengoperasikan, serta pemerataan alat fisik komputer diseluruh Indonesia.

Pada diskusi ini, ada 5 orang penanya termasuk saya sendiri (LOL) dengan pertanyaan :
1. Saya ( melinda) menanyakan:
Mengapa Neobehavioristik dijadikan Teori yang sering digunakan dalam aplikasi Software? Dan dijawab ( oleh : Roisa Hudaya): karena teori ini paling mudah diaplikasikan, jikalau pengguna software salah maka, dapat diulangi kembali :)

2. Gian Prantoro menanyakan : Maksud dari Komputer dapat mengasah Logical Thingking apa?
dijawab (oleh : Roisa HUdaya) : dalam komputer, ada yang namanya bahasa pemrograman yaitu turbo pascal, borland delphi, dalam menggunakan pemrograman tersebut mau gak mau orang yang ingin belajar ini harus bisa memahami bahasa pemrograman tersebut. Bahasa pemrograman tadi dapat mengasah kemampuan logika penggunanya .

3. Noor Rofiana menanyakan : Mengapa dalam pembuatan sotware itu tidak menggunakan teori belajar yang lain, kenapa harus behavioristik, sedangkan semakin sulit software yang dibuat semakin pintar orang yang membuat?
dijawab: ya karena pengaplikasian Teoti BEhavioristik itu paling mudah bagi pengguna software tersebut.

4. Arief Priyanto menanyakan, bagaimana cara menanggulangi masalah ketidak merataannya kemampuan, dan kepunyaan komputer itu sendiri?
dijawab: untuk menanggulanginya dengan cara pelatihan komputer ,dan adanya pengadaan komputer.

5. Arifin Septyanto menyakan kesimpulan dari diskusi ini menurut kelompok 6
dijawab : kesimpulannya bahwa komputer amatlah membantu dalam proses pembelajaran, karena efektif dan efisien dalam penggunaannya.

Demikian tadi diskusi pada hari ini, materi yang ditampilkan menurut saya tidak berat, dan mudah, sayangnya diskusi berjalan garing( hehehe ) , soalnya debatnya tidak berjalan lancar, dan mungkin kebanyakan sibuk dengan tugasnya masing-masing, tapi mugkin juga karena materinya mudah sehingga semua sudah paham. Semoga diskusi minggu depan lebih OYE ! :))

Your Reply

Followers